Dalam Rangka Penutupan Gamifest 2019 Pemkab Bener Meriah Adakan Festival Guel

Bener Meriah, repdemnews.com - Dalam rangka penutupan Gayo Alas Mountain Internasional Festival (Gamifest) 2019 Pemkab Bener Meriah megadakan Festival Guel Pada Tanggal 22-24 November 2019 di Lapangan Umah Pitu Ruang, Kampung Bale Atu, Kec. Bukit, Bener Meriah.

beberapa hari sebelumnya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bener Meriah, melalui Kabid Seni dan Budaya Sukri Thomas, sedikitnyaada 21 sanggar telah mendaftar Festival Guel.

Selain Festival Guel, beragam kegiatan lain akan memeriahkan penutupan Gamifest 2019, seperti Fiesta Panen Kopi, Lomba Panen Kopi, Lomba Kreasi Coffee, Bean, Minum Kopi Massal, dll.

Sukri Thomas merinci dari 21 sanggar yang mendaftar Festival Tari Guel, sebanyak 10 sanggar berasal dari Kabupaten Aceh Tengah, dan 9 sanggar dari Kabupaten Bener Meriah, 1 sanggar dari Aceh Besar dan 1 sangar dari Kota Banda Aceh.

Dalam perlombaan itu, kriteria yang dinilai meliputi, yaitu kompleksitas gerak tari guel, ras, kepur nunguk, sining lintah, redep, munatap, cincang nangka, ketibung/runcang. Selain itu, teknik tari guel, penghayatan, kekompakan, keselarasan musik dan tari, padu papan musik, busana dan rias.

Sukri berharap masyarakat Bener Meriah memanfaatkan sebaik-baiknya untuk menunjukkan ekspresi dan bakat seni melalui kegiatan tersebut.

Tinggalkan Komentar

loading...