Desa Burai Bangun Wisata Sungai

Desa Burai yang terletak di Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, terus bersolek memperindah desanya menjadi kawasan wisata. Selain jalanan hingga tembok perumahan penduduk dicat berwarna- warni, Desa Burai memperkenalkan keindahan kain songketnya lewat Kampung Songket.

Selanjutnya, Sungai Kelekar yang terletak dekat aliran Sungai Ogan siap dipermak menjadi objek wisata yang cantik nan unik. Salah satunya, refleksi air sungai.

Kepala Desa Burai Feriyanto mengatakan, berbagai promosi wisata untuk memperkenalkan produk unggulan desa terus digencarkan guna mendatangkan wisatawan. "Dengan upaya promosi, kami bisa meningkatkan pendapatan masyarakat. Dan, tercipta lapangan kerja untuk anggota karang taruna dan ibu rumah tangga," ujarnya.

Sejak 2015, Desa Burai menerima bantuan dana desa yang digunakan untuk berbenah seperti membangun jalan setapak dan selokan untuk menampung limbah. Setelah sarana dan prasarana desa terbangun, kini dana desa siap dialihkan untuk membuat objek-objek pariwisata.

Tahun ini dana desa akan dipakai untuk membuat dermaga apung dan membangun sarana olahraga. Desa Burai akan membangun kolam renang sesuai dengan skala prioritas cabang olahraga. "Promosi desa kami melalui #ayokeburai," ungkapnya.

Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa-PDTT) Taufik Madjid mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi aktif menyukseskan program inovasi desa. "Adanya program inovasi kita harapkan bisa menjadi momentum dan menjaring komitmen para pemangku kepen- tingan untuk berkolaborasi dalam peningkatan kualitas pembangunan desa yang lebih inovatif," pungkasnya.

Tinggalkan Komentar

loading...