DPP PDI Perjuangan Adakan Rakorbid Pariwisata Tingkat Nasional

Jakarta, repdemnews.com - DPP PDI Perjuangan mengadakan Rapat Koordinasi Bidang (Rakorbid) Pariwisata Tingkat Nasional, yang diikuti oleh para Ketua Bidang Pariwisata pada tingkatan DPC dan DPD PDI Perjuangan seluruh Indonesia di Grand Sahid, Jakarta, Minggu (22/12).

Hadir sebagai pembicara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, serta Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Laoly.

Wiryanti (Yanti) Sukamdani, Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pariwisata, menyatakan Indonesia memiliki banyak target di sektor pariwisata yang harus dicapai pada 2024.

Beberapa target itu adalah menjadikan sektor pariwisata sebagai penyumbang devisa negara nomor satu, memberi nilai tambah kontribusi pariwisata terhadap PDB hingga  5,5 persen, serta mampu mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 28 juta orang.

Untuk mencapai target-target itu, lanjut Yanti, dibutuhkan roadmap. PDI Perjuangan pun telah menyusun Roadmap Pariwisata Menuju Trisakti 2019-2024.

"Salah satu isi Roadmap Pariwisata menuju Trisakti itu adalah mewujudkan Pariwisata berkarakter Indonesia. Untuk mewujudkannya antara lain melalui pelaksanaan crossborder event serta wisata Napak tilas," ungkap Yanti.

Kemudian, isi Roadmap lainnya adalah memperkuat pariwisata berbasiskan kearifan budaya lokal. Cara mewujudkannya antara lain melalui pembangunan desa wisata dan penyelenggaraan festival budaya.

Dan isi Roadmap ketiga atau terakhir adalah kemandirian ekonomi melalui pariwisata.

"Untuk mewujudkan kemandirian ekonomi melalui pariwisata, bisa dilakukan antara lain dengan menelurkan' inovasi untuk menambah daya tarik wisata alam, wisata budaya dan wisata buatan," papar Yanti.

Tinggalkan Komentar