Hadi : Natuna Tempat Terbaik Untuk Karantina WNI Yang Di Evakuasi Dari Hubei

Jakarta  - Melansir dari KBRN, Pemerintah menilai wilayah Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) menjadi tempat terbaik untuk dijadikan karantina bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang di evakuasi dari Wuhan, Hubei, China.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, Natuna memiliki landasan pacu pesawat yang berdekatan dengan lokasi isolasi, jauh dari penduduk, serta memiliki fasilitas rumah sakit yang dikelola tiga matra TNI, yakni Angkatan darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

 “WNI yang turun dari pesawat akan langsung dibawa masuk ke tempat isolasi yang mampu menampung hingga 300 orang, dan dilengkapi dengan kebutuhan MCK serta dapur lapangan,” ujar Hadi dalam jumpa pers pelepasan tim penjemput WNI dari Wuhan, Hubei, China, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (1/2/2020).

Selain itu pihak TNI juga pendukung pemulangan WNI dari Hubei China dengan menyiapkan sarana dan prasarana untuk protokoler kesehatan.

“Warga Negara Indonesia (WNI) yang di evakuasi dari Wuhan, China akan ditransitkan terlebih dahulu ke wilayah Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) dan akan menjalani observasi kesehatan,” jelasnya.

Adapun jumlah WNI yang akan dievakuasi dari Wuhan sebanyak 250 orang, dengan rincian 245 WNI dan 5 tim yang sudah dilapangan sejak kemarin.

Sebelumnya, pesawat beserta tim evakuasi lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, pukul 13.00 WIB siang ini.

Tinggalkan Komentar