Jokowi Anugerahkan Gelar Pahlawan Pada Enam Tokoh Bangsa

Jakarta, repdemnews – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2019,  Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan penghargaan kepada enam tokoh bangsa berdasar Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 120/TK/Tahun 2019 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional tertanggal  7 November 2019.

seperti di lansir dari gesuri.id, pemberian  anugerah gelar Pahlawan Nasional kepada keenam tokoh bangsa tersebut dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/11).  Beberapa nama yang tercantum dalam daftar tersebut ada yang merupakan tokoh pendidikan, jurnalis, dan mantan Menteri Keuangan pada era Presiden Soekarno dalam Kabinet Presidensial.

Berikut daftar lengkap penerima anugerah gelar pahlawan pada tahun 2019, yakni:

Pertama, Almarhumah Rohana Kuddus merupakan seorang aktivis sekaligus jurnalis perempuan asal Sumatra Barat. Almarhumah memperjuangkan hak-hak perempuan, terutama di bidang pendidikan;

Kedua, Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi (Oputa Yii Ko) tokoh dari Sulawesi Tenggara, almarhum merupakan sosok pejuang gerilyawan yang menentang penjajahan Belanda di Kesultanan Buton;

Ketiga, Almarhum Prof. Dr. M. Sardjito, merupakan perintis serta rektor pertama Universitas Gadjah Mada tahun 1950-1960 dan rektor UII tahun 1961-1970;

Keempat, Almarhum Prof. K.H. Abdul Kahar Mudzakkir, merupakan perintis UII dan menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI);

Kelima, Almarhum A.A. Maramis, merupakan Menteri Keuangan era Presiden Soekarno dalam kabinet Presidensial;

Keenam Almarhum K.H. Masjkur, merupakan pendiri Yayasan Sabilillah, dan sebagai Ketua Yayasan Universitas Islam Malang (Unisma) pertama. 

Usai upacara penganugerahan gelar Pahlawan Nasional, Presiden dan Wakil Presiden memberikan ucapan selamat kepada ahli waris dan pendamping penerima Gelar Pahlawan Nasional diikuti oleh pejabat dan tamu undangan yang hadir lainnya.

Nampak hadir dalam acara penganugerahan ini di antaranya Mensesneg Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Mensos Jualiari Batubara, Menteri Agama Fachrul Razi, Menteri Kesehatan Terawan, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Hadir juga Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Aziz, para pimpinan DPR dan pimpinan MPR, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa serta Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi.

Tinggalkan Komentar

loading...