Pulau Banyak, Mutiara Tersembunyi Ujung Barat Sumatera

Pulau banyak atau dalam bahasa lazim disebut Kepulauan Banyak merupakan Gugusan Pulau yang terletak di Aceh Singkil, dengan Nama Administratif Kecamatan Pulau banyak dan Kecamatan Pulau Banyak Barat, Pulau banyak merupakan destinasi wisata laut yang sangat eksotis. luas wilayah secara keseluruhan adalah 27,196 ha. Pulau Banyak yang terdiri dari gugusan pulau- pulau berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, tepatnya di ujung sebelah barat Pulau Sumatera.

Ada 99 buah pulau di gugus Kepulauan Banyak yang sangat layak dikembangkan menjadi objek wisata andalan provinsi Aceh, Termasuk keindahan alam bawah laut dan penyu hijaunya.

Sebagai daerah kepulauan, Pulau Banyak selain memiliki laut yang cukup luas juga pantai yang sangat panjang dan indah, pantai Pulau Banyak tidak kalah dengan Pantai-pantai lain di indonesia. Pasir putihnya lebih lembut, lambaian daun- daun kelapa yang rindang semakin memperindah suasana tamasya dengan pemandangan alam pantai tropis. Indahnya panorama Sunset juga menjadi tontonan tersendiri yang mengasyikkan.

saat ini Pulau Banyak menjadi Dstinasi Wisata Andalan Kabupaten Aceh Singkil, dalam rangka mempromosikan wisata Pulau Banyak, Pemerintah melalui dinas Parawisatanya sering membuat ivent-ivent budaya setempat baik di Aceh Singkil Sendiri maupun di luar aceh.

Selain memiliki panaroma Alam yang masih Alami Pulau banyak dapat memanjakan hobi wisatawan mulai dari menyelam dangkal, berselancar, memancing, atau sekedar jalan-jalan melihat satwa langka berupa Penyu Hijau di pulau palambak, ya semua hobi kita bissa tersalurkan di sini, silahkan berkunjung jika kurang yakin.

 

Tinggalkan Komentar

loading...