Imbas Gempa Lombok, Jumlah Wisatawan Mancanegara Turun di Agustus 2018

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sepanjang Agustus 2018 ke Indonesia mencapai 1,51 juta. Jumlah itu turun 1,93 persen dibanding bulan sebelumnya yang tercatat sebanyak 1,54 juta wisman.

Secara year-on-year jumlah kunjungan wisman ke RI pada Agustus 2018 mengalami peningkatan 8,44 persen. "Jumlah wisman turun 1,93 persen pada Agustus 2018," kata Kepala BPS Suhariyanto di Kantornya, Jakarta, Senin (1/10).

Lebih lanjut, dari total kunjungan wisman tersebut, sebanyak 66 persen atau 1 juta wisman datang melalui jalur transportasi udara, 224,2 ribu wisman melalui transportasi darat dan 16 persen atau 281,1 ribu melalui pintu laut.

Penurunan itu, kata dia, terjadi karena dampak dari gempa Lombok yang terjadi pada akhir Juli lalu. Seperti di Bandara Ngurah Rai Bali terjadi penurunan 8,37 persen dibanding bulan sebelumnya.

"Tapi sebaliknya, ada peningkatan signifikan di Palembang karena Asian Games," terangnya.

Secara tahun kalender (Januari-Agustus), jumlah turis yang menyambangi Tanah Air tercatat sebesar 10,57 juta atau naik 12,30 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Untuk itu, dia berharap pemerintah dapat terus mengembangkan daerah-daerah dengan potensi pariwisata yang besar.

"Kita masih harus banyak memperkenalkan spot pariwisata yang selama ini belum menjadi tujuan utama," tandasnya.

Tinggalkan Komentar